Harap Diketahui!! Membedakan Antara Blog dengan Website

Pengertian Perbedaan Blog dengan Website
roundpulse.com

Seringkali dalam dunia internet, kita sudah tidak asing mendengar istilah Website dan Blog. Saya percaya itu!!

Namun, sebagian banyak mengira bahwa Website dengan Blog itu sama saja artinya tempat mempublishkan atau menerbitkan tulisan-tulisan di internet.

Padahal, pada kenyataannya bahwa Website dan Blog itu berbeda.
Merujuk dari Wikipedia pengertian Blog itu adalah bentuk aplikasi web (website) yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting).

Dari pengertian di atas sudah sangat jelas bahwa Blog itu bukan Website, tapi Website-lah yang membuat Blog itu ada, karena dalam posisinya Blog itu hanya sebuah Aplikasi atau bagian dari Website (Situs)!!

Namun secara umum, baik Website maupun Blog memiliki pengertian yang sama yaitu suatu halaman yang ditampilkan di internet yang memuat informasi tertentu yang memiliki topik saling terkait (tergantung pemilik), dan terkadang disertai pula dengan gambar, suara, animasi dan video.

Blog ya Blog... Website ya Website...

Karena Blog merupakan bagian dari Website, jadi setidaknya kita harus tahu macam-macam Website itu sendiri.
Kenapa Blog disebut bagian dari Website??

Umumnya, Website itu dibagi menjadi 3 macam/bagian. Diantaranya:
  1. Website Statis
    website jenis ini dibuat secara manual dengan mengetik kode-kode html menjadi suatu halaman web. Isi website statis tidak dimaksudkan untuk di edit secara berkala karena tentu sangat merepotkan jika mempunyai banyak halaman statis yang harus diupdate secara manual.

    Orang yang ingin membuat website jenis ini, diperlukan memahami atau ahli dalam Coding (pengkodean) tingkat tinggi nih.

    Web statis ini sangat cocok bila digunakan untuk demo contoh website, website landing page atau mini website untuk menampilkan promosi tertentu secara terpisah dari website utama.

  2. Website Dinamis
    Website yang bisa diupdate secara mudah sehingga isi dari website tersebut bisa berubah sesuai keinginan pemilik website.

    Website dinamis dibagi dua macam halaman, diantaranya:
    - Halaman Frontpage:
    halaman yang diakses oleh pengunjung.
    - Halaman Backend / Administrator (Pemilik): halaman website yang hanya bisa dibuka oleh pemilik atau pengurus website. Dari halaman ini pengurus website mengubah isi website melalui program yang telah disiapkan oleh jasa pembuatan website. Setiap perubahan yang dilakukan di halaman ini akan ditampilkan di halaman frontpage secara otomatis.

    Nah, banyak developer dari berbagai perusahaan hosting khususnya menawarkan jasa pembuatan website dengan mudah yang tidak lain adalah jenis website dinamis ini.

    Keuntungan website dinamis adalah mudahnya untuk mengupdate data, update tampilan website, bisa membagi informasi website antara info untuk umum (pengunjung) dan info khusus bagi pengurus.

  3. Website Interaktif
    Website jenis ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari website dinamis. Dimana dalam website interaktif ini terjadi komunikasi dua arah antara pengunjung dan pengurus website atau antara pengunjung dengan sesama pengunjung lain.

    Biasanya, website interaktif ini berupa layanan publikasi dan jejaring sosial sehingga pengunjung bisa menggunakan layanannya tanpa perlu ahli dalam Coding sama sekali dan hanya membutuhkan pendaftaran saja.

Dari uraian di atas dapat diketahui, jika Blog merupakan bagian dari Website maka Blog adalah bagian dari Website Interaktif, karena Blog tentunya selain tempat menulis artikel juga tempat berkomunikasi antar pengunjung dan pemilik lewat kolom komentar, buku tamu dan lain-lain.

Pengertian Blog sendiri, disadur dari Wikipedia, "merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian."

Pengunjung sendiri dapat memiliki Blog tanpa harus ahli dalam Coding, dengan cara mendaftar saja melalui website yang menyediakan layanan Blog itu sendiri, sebut saja yang dikenal oleh banyak pengguna internet diantaranya:
Blogger.com
Wordpress.com


Contoh saja,
Halaman yang sedang Anda kunjungi ini bukan sebuah Website, tapi Blog yang merupakan sebuah halaman dari website Blogger.Com.

Kalau kita umpamakan,
Website itu Folder
Blog itu Sub-Folder atau sebuah file yang ada di dalam Folder.

Lalu, apa sih yang membedakan antara Website dan Blog?

Berikut saya mengutip perbedaan antara Website dengan Blog dari "DosenIT.Com", diantaranya:
  1. Website menggunakan doman resmi dan berbayar, sedangkan Blog gratis
    Hampir semua website itu menggunakan alamat URL'nya dengan domain resmi dan juga berbayar, seperti .com, .co.id, .id, dan sebagainya.
    Biasanya, website yang menggunakan domain berbayar ini merupakan web yang sudah menunjukkan keseriusannya dalam menggunakan halaman.

    Sedangkan Blog, biasanya hanya menggunakan sub-domain dari domain website penyedia layanan blog itu sendiri, seperti blogspot.com, wordpress.com, dan sebagainya.
    Namun, tidak menutup kemungkinan pemilik blog dapat melakukan pergantian domain blog dengan domain berbayar.

  2. Konten dari Blog sangat beragam, sedangkan Website fokus pada satu topik
    Biasanya, konten dari sebuah blog beraneka beragam. Hal ini bisa kita lihat dari rekam jejak atau timeline dari blog tersebut. Biasanya sebuah blog memiliki banyak sekali kategori, dan masing-masing kategori tersebut terdiri dari banyak topik dan konten.

    Sedangkan website biasanya hanya berisi pada satu topik tertentu saja.
    Misalnya, website mengenai berita sepakbola, maka web tersebut hanya menyajikan berita mengenai sepakbola saja, dan tidak menyajikan konten ataupun tema dan kategori lainnya. Terutama pada website perusahaan yang tak banyak mengandung banyak konten dan hanya berfokus pada informasi perusahaan tersebut.

  3. Gaya bahasa dan penulisan Blog lebih santai sedangkan website lebih formal
    Dari segi gaya bahasa yang digunakan, kita juga bisa melihat perbedaan antara website dan blog. Blog biasanya menggunakan bahasa yang santai dan informal. Kebanyakan blog menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari.

    Berbeda dengan Website, tentu saja konten dari sebuah web menggunakan pola juga dengan tatanan bahasa yang lebih terstruktur dan cenderung formal. Selain itu biasanya web tidak menggunakan kata ganti orang, sehingga terkesan sangat formal dan universal, sehingga dapat dibaca juga dipahami oleh banyak kalangan.

  4. Blog memiliki tim editor yang jauh lebih sedikit dari Website
    Dari segi konten ataupun isinya, maka antara Blog dan Website memiliki tim editor yang harus terampil dalam memperbaiki struktur dari konten, sehingga enak untuk dibaca.

    Apabila kita lihat dari tim editornya, maka sudah dapat dipastikan bahwa Blog memiliki tim editor yang lebih sedikit dibandingkan dengan Website. Bahkan bisa saja blog tidak menggunakan tim editor, jadi langsung dari penulis dan kemudian dipost ke dalam blog. Hal ini yang membedakan kualitas penulisan antara blog dengan website.

  5. Perbedaan fitur komentar pada page, Blog tersedia sedangkan Website tidak tersedia
    Hal lainnya yang cukup membedakan antara Blog dan Website yang mencolok adalah kolom komentar.

    Biasanya, blog memiliki fitur komentar di setiap halaman postingnya, dimana pengunjung dan pemilik ataupun penulis blog bisa melakukan diskusi dengan cara mengomentari isi atau konten di dalam blog tersebut.

    Sedangkan website, tentu saja merupakan kebalikan dari blog, sebagian banyak tidak memiliki fitur komentar, dan hanya terbatas pada pemberian informasi saja tanpa adanya timbal balik alias feedback dari pembaca atau pengunjung.
Mungkin itulah beberapa hal yang kita harus tahu dan membedakan Website dengan Blog.
Seperti yang saya katakan di atas, pada dasarnya baik Website maupun Blog sama-sama memberikan banyak manfaat bagi penggunan internet, karena banyak berisi informasi dan pengetahuan lainnya.

Jika Anda kurang jelas dan memahami perbedaannya, silahkan kunjungi beberapa sumber sekaligus sebagai pranala luar dari penulisan artikel ini,:

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Harap Diketahui!! Membedakan Antara Blog dengan Website"

Post a Comment

Isi Komentar sepenuhnya adalah Tanggung Jawab Komentator yang dinaungi oleh payung hukum dalam UU ITE.
Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak keluar dari topik yang dibicarakan!