Siapakah Raja Firaun di Zaman Nabi Musa As?

Salah satu bahasan yang membuat saya tertarik untuk ditulis di Blog ini adalah mengenai Siapakah Sosok Raja Fir'aun yang Hidup di Zaman Nabi Musa?

mumi firaun

Secara garis besar Fir'aun adalah sebutan atau gelar bagi raja-raja Mesir terdahulu atau Mesir Kuno.

Gelar Fir'aun disematkan kepada Raja-raja mesir kuno yang berkuasa di tahun 3000 sebelum masehi.

Di telinga kita, nama Fir'aun memang sudah tidak asing, Fir'aun adalah seorang Raja atau Penguasa tiran (kejam), akan tetapi perlu diketahui juga bahwasanya semua Fir'aun tidaklah kejam.

Memang, kalau mengutip dari berbagai sumber mengatakan bahwa Fir'aun-fir'aun Mesir pada umumnya bersifat brutal, menindas, suka berperang dan bengis.

Namun gelar Fir'aun untuk seorang Penguasa Mesir yang dikenal kejam yang tersohor di telinga masyarakat adalah Fir'aun nya yang hidup di zaman Nabi Musa AS.

Selain kejam, Fir'aun ini bahkan mengaku dirinya sebagai Tuhan. Sehingga akhirnya tewas tenggelam di laut.

Kini, Pertanyaan adalah :
  1. Siapa sebenarnya Fir'aun yang hidup di zaman Nabi Musa AS ini ???
  2. Atau Fir'aun manakah yang ditenggelamkan Tuhan di Laut Merah??

Dalam hal ini memang banyaknya perbedaan pendapat membuat kita bingung atau rasa penasaran dan keingintahuan sosok Fir'aun yang berkuasa di zaman Nabi Musa ini.

Penemuan Jasad Fir'aun
Mungkin diantara pembaca pernah melihat video tayangan mengenai penemuan jasad Fir'aun yang ditayangkan di On The Spot Trans7, yaitu Ron Wyatt seorang arkeolog yang menjadi pembicaraan media internet mengenai penemuannya pada tahun 1988 yaitu bangkai kereta tempur berkuda serta beberapa tulang belulang manusia di dasar Laut Merah.

Penemuan tersebut memperkuat kalau bangkai kereta tempur berkuda dan beberapa tulang belulang manusia tersebut adalah Fir'aun dan beberapa bala tentaranya saat mengejar Nabi Musa dan kaum bani isro'il.

jasad firaun

Siapakah Fir'aun ??
Seperti dikutip di Wikipedia, jumlah raja-raja Fir'aun berkisar hingga ratusan yang pernah menguasai Mesir Kuno. Namun berbicara mengenai siapakah nama sosok Fir'aun yang berkuasa pada zaman Nabi Musa tersebut ??

Dari sekian banyaknya studi dalam pengidentifikasian sosok Fir'aun tersebut, hanya ada 13 sosok Fir'aun yang menjadi kandidat, diantaranya :
  1. Ahmose I (1550 SM - 1525 SM)
  2. Thutmose I (1506 SM - 1493 SM)
  3. Thutmose II (1494 SM - 1479 SM)
  4. Thutmose III (1479 SM - 1425 SM)
  5. Amenhotep II (1427 SM - 1401 SM)
  6. Amenhotep IV (1352 SM - 1336 SM)
  7. Horemheb (sekitar 1319 SM - 1292 SM)
  8. Ramesses I (sekitar 1292 SM - 1290 SM)
  9. Seti I (sekitar 1290 SM - 1279 SM)
  10. Ramesses II (1279 SM - 1213 SM)
  11. Menephthah (1213 SM-1203 SM)
  12. Amenmesse (1203 SM - 1199 SM)
  13. Setnakhte (1190 SM - 1186 SM)

Dari daftar beberapa Firaun diatas, nama Ramesses II selama ini memang kerap diidentifikasikan sebagai Fir'aun yang sedang berkuasa pada saat itu. Ia merupakan sosok Firaun terbesar dan terkuat yang pernah memimpin peradaban Mesir kuno. Ramesses II juga merupakan salah satu Fir'aun yang paling lama berkuasa, yakni 66 tahun.

Artikel yang ditulis di Wikipedia menyebutkan bahwa Ramesses II ini sering dianggap sebagai fir'aun terbesar dan terkuat dalam sejarah Mesir Kuno hingga disebut dengan "Ramses Yang Agung".

Dan diperkuat oleh sebagian sejarahwan, hanya mayat Fir'aun Ramesses II ini sajalah yang di paru-parunya terdapat bekas rendaman air laut.
Adapun mumi yang lain tidak ditemui hal ini. Ini yang membuat para ahli sejarah Mesir Kuno menyakini jika Ramesses II adalah Firaun yang mengejar Nabi Musa.

mumi Jasad firaun

Diluar pendapat di atas, saya sendiri mencoba membuka dan membaca tafsir Al-Qur'an surat Al-A'rof ayat 103, disebutkan kata Fir'auna / Fir'aun dengan nomer catatan kaki "553", bahwa Fir'aun di masa Nabi Musa adalah Menephthah / Mernepthah / Merenptah yang merupakan anak dari Ramesses II.

Pernyataan tersebut sangat berbeda dengan beberapa pendapat sejarahwan bahkan pembuktian yang dilakukan oleh Ron Wyatt, dan keterangan di wikipedia yang Saya ulas sedikit, dimana Ramesses II tersebut yang dicantumkan Al-Qur'an adalah seorang Ayah dari Menephthah yang notabane nya sebagai Fir'aun yang kejam di zaman Nabi Musa.

Pernyataan Al-Qur'an tersebut diperkuat dengan beberapa sumber dari museum Kairo, bahwa mumi mayat Fir'aun yang disimpan di museum Kairo itu adalah Fir'aun yang pernah tenggelam di laut Merah dan mayatnya ditemukan di tepi pantai secara utuh, dan nama kecilnya adalah Menephthan, dia adalah pengganti Ramses / Ra'amsis II yang merupakan Fir'aun ke 4 pada dinasti ke 19.

Dua nama fir'aun tersebut yang hingga kini masih simpang siur ( menurut saya ), yang hidup atau berkuasa di masa Nabi Musa As.

Di sini saya tidak panjang lebar secara rinci mengenai Siapa sebenarnya Fir'aun yang hidup di zaman Nabi Musa AS ini ??? Atau Fir'aun manakah yang ditenggelamkan Tuhan di Laut Merah??

Namun intinya adalah sosok fir'aun yang berkuasa di zaman Nabi Musa As adalah sebagai contoh pelajaran bagi kita selaku manusia sesudahnya bahwa sebagai seorang pemimpin janganlah berbuat dzalim dan sombong,

Dalam Al-Qur'an surat Yunus ayat 92 disebutkan,
"Maka pada hari ini, Kami selamatkan badanmu, supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudah mu......"

Menurut sebagian muffasir dari ayat tersebut disebutkan, yang diselamatkan oleh Tuhan ialah tubuh kasarnya, dan menurut sejarah menerangkan bahwa setelah Fir'aun tenggelam mayatnya terdampar di pantai dan ditemukan oleh orang-orang Mesir lalu dibalsem sehingga sampai sekarang dapat dilihat di museum Mesir.

Jelas Saya katakan lagi bahwa keterangan tersebut memang jauh berbeda dengan pernyataan Ron Wyatt di atas yang menemukan beberapa tulang belulang manusia yang salah satunya adalah Fir'aun yang ditemukan di dasar laut.

Dari artikel ini, bahwasannya kita tidak mengetahui secara pasti mengenai sosok Fir'aun di masa Nabi Musa. Namun saya pribadi jika merujuk kepada beberapa sumber dalam artikel ini adalah 2 kandidat yang sangat mendekati kebenarannya yaitu Ramesses II dan Menephthah.

Walloohu a'lam bishshowaab!!!
Hanya Tuhan yang Mengetahui !!

Artikel ini saya tulis dengan beberapa referensi sebagai berikut :
- http://kaheel7.com/id/index.php?option=com_content&view=article&id=233:selamatnya-jasad-firaun&catid=39:rahasia-al-quran-dan-al-sunnah&Itemid=58
- wikipedia, Daftar Raja Fir'aun Kuno
- wikipedia, Merneptah
- wikipedia, Ramses II
- http://www.ardiyansyah.com/2015/05/inilah-penemuan-jasad-firaun-dan-roda.html
Semoga artikel ini bermanfa'at dan dapat dijadikan diskusi yang tidak menimbulkan perdebatan.

Terima Kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Siapakah Raja Firaun di Zaman Nabi Musa As?"

Post a Comment

Isi Komentar sepenuhnya adalah Tanggung Jawab Komentator yang dinaungi oleh payung hukum dalam UU ITE.
Berkomentarlah yang baik dan sopan serta tidak keluar dari topik yang dibicarakan!